5 Cara Agar Mahir Menulis Artikel

5 Cara Agar Mahir Menulis Artikel

Setiap orang pada dasarnya bisa menulis, tetapi banyak dari mereka yang tidak sadar akan hal tersebut. Mereka menganggap bahwa menulis merupakan hal yang sulit, bikin pusing, banyak mikir dan sebagainya padahal anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Semisal mp3garmony saja kamu mengobrol dengan temanmu, artinya kamu menyeritakan atau menyampaikan sesuatu bukan? Nah didalam menulis pun kamu melakukan yang sama, yaitu menyampaikan cerita, gagasanmu kepada pembaca.


Tapi bagaimana agar tulisanmu baik untuk dibaca? Karena tulisan yang bagus bukan berdasarkan panjangnya tulisan tersebut, tetapi dari konten dan isi dari tulisanmu. Jadi, bagaimana cara agar kamu semakin jago dalam menulis? Yuk simak tips dibawah ini

1. Minimalkan jarak antara pembaca dengan cerita
Banyak yang tidak menyadari bahwa paragraf awal dalam sebuah artikel mempengaruhi sikap pembaca untuk membaca suatu tulisan. Apabila paragraf pembuka terlalu panjang, maka akan membuat pembaca pusing dan kelelahan untuk membaca tulisanmu. 

Jadi, untuk menulis artikel yang baik, tulislah paragraf yang singkat, dan tidak terlalu bertele-tele. Satu atau dua kalimat pembuka yang bagus akan membuat pembaca betah untuk membaca tulisanmu.

2. Persingkat sebuah paragraf
Mempersingkat semua tulisanmu. Di era digital sekarang ini, orang-orang lebih banyak membaca artikel lewat smartphone. Jadi kalau artikel yang kamu buat terlalu panjang, orang akan menjadi malas membaca tulisanmu. Memang untuk membuat paragraf yang singkat tidaklah mudah, tetapi hal
ini akan membuat kamu naik level dalam menulis. Tulisanmu semakin bagus apabila kamu bisa mempersingkat paragraf dengan menyampaikan inti dari tulisanmu tersebut. Tetapi harus diperhatikan jangan terlalu pendek, karena bisa membuat pembaca tidak memahami isi dari tulisanmu. Solusinya? Keep practicing 

3. Buatlah artikel yang singkat, namun tetap berisi
Sekali lagi saya ingatkan untuk tetap menyingkat kalimat. Kenapa? Karena sebuah artikel yang baik hanya membutuhkan kalimat efektif. Bukan kalimat yang berputar-putar dan berkembang tidak jelas juntrungannya. Jelas, tajam dan singkat merupakan elemen yang penting dalam menulis artikel.

4. Berikan isi
Kebanyakaan artikel saat ini hanya berisi kata-kata kosong yang tidak berarti. Banyak sekali kita menemukan judul-judul artikel yang bombastis tetapi isi artikelnya kosong tidak bermakna. Artikel seperti ini biasanya hanya mengejar keyword dalam mesin pencarian, dan lupa esensi dalam menulis artikel.

Jangan menulis artikel hanya sebatas mengejar target atau karena konten saja. Tulislah artikel yang berisi makna dan memberikan pemahaman kepada pembaca. Bila menulis, bayangkan dalam benakmu apabila pembaca mu bertanya “kenapa” atau “mengapa” tentang artikel yang dibuat. Hal ini bisa mendorongmu untuk menulis dengan menjawab pertanyaan tersebut. Penulis artikel yang baik adalah penulis yang dapat menyampaikan informasi, menjelaskan sebuah arti atau makna dan membuat pembaca memahami sesuatu dalam artikel yang dibuat.

5. Tell a story
Ceritakan sebuah cerita kepada pembacamu. Setiap orang pasti pernah mendapatkan cerita. Ada yang menurut mereka cerita yang bagus maupun yang buruk. Hal tersebutlah yang harus dilakukan penulis, yaitu pandai bercerita atau menyampaikan. Cara yang bagus untuk menarik pembaca artikel mu adalah dengan sebuah kejadian, latar tempat atau sebuah alur.

Cerita adalah cara yang bagus dalam membuka sebuah artikel. Cerita juga mampu menyampaikan sebuah inti gagasan. Tidak perlu berlebihan dalam menyampaikan cerita, hanya perlu ditulis dengan se-efektif mungkin. Intinya adalah, ceritakan secara singkat, sederhana dan jelas dengan begitu artikelmu akan sendirinya mengalir dengan baik. Perlu diingat jangan menulis sesuatu yang miskin cerita. Karena pembaca akan lebih tertarik dengan tulisan yang kaya akan cerita.

Nah itulah beberapa tips untuk kalian yang ingin jago dalam menulis artikel. Tulisan yang baik tidak datang dengan begitu saja. Perlu adanya latihan dan dilakukan berkali-kali sehingga penulis menemukan gaya dan karakternya sendiri dalam menulis artikel. Selamat menulis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Tips Ini Bisa Bantu Kamu Bikin Artikel yang Bagus

5 Hal Yang Wajib Kamu Perhatikan Dalam Menulis Artikel