5 Hal Yang Wajib Kamu Perhatikan Dalam Menulis Artikel

5 Hal Yang Wajib Kamu Perhatikan Dalam Menulis Artikel

Sebuah artikel merupakan nyawa dari sebuah website maupun blog. Jika anda memiliki sebuah website dan ingin menyampaikan informasi dari website tersebut dibutuhkan sebuah artikel. 5 cara agar mahir menulis artikel dengan baik karena tanpa adanya artikel yang baik, informasi tidak akan tersampaikan dengan baik. Berikut beberapa hal yang wajib kamu perhatikan dalam menulis sebuah artikel


1. Mempertimbangkan konten dan keyword
Era digital seperti saat ini banyak orang yang berlomba-lomba untuk memasarkan websitenya agar ramai pengunjung dengan cara menempatkan kata kunci. Kata kunci ini penting dalam mesin pencarian, semisal google, yahoo, bing dan sebagainya. Efek negatifnya adalah kebanyakan website tersebut hanya mementingkan keyword search engine, dan luput akan konten isi artikel. Sehingga artikel yang dibuat terasa datar, tidak informatif dan sebagainya.

Hal tersebut tentunya salah besar, seharusnya artikel memiliki isi dan konten yang berbobot, bukan mengejar jumlah pengunjung yang mengklik situs website. Pengunjung juga paham apabila website tersebut hanya menyediakan artikel yang tidak menarik. Sehingga kedua hal ini perlu berjalan beriringan ibarat dua sisi mata koin.

2. Informatif, bukan sekadar tulis
Sebelum menulis artikel, ada baiknya jasa buat artikel melakukan research atau meneliti sebuah konten yang ingin ditulis. Hal ini bertujuan agar tulisan artikel terbebas dari informasi palsu (hoax) ataupun plagiarisme. Jangan sampai terjadi si penulis membuat artikel dari informasi palsu atau hoax. Hal ini tentunya akan merugikan pembaca, dan berdampak kepada penulis artikel karena isi tulisannya tidak bisa dipercaya.

3. Gaya tulisan menunjukan kualitas penulis
Anda pasti tidak asing apabila ada seseorang yang mengagumi suatu karya penulis. Contohnya fans novel Harry Potter, mereka sangat mengagumi novel tersebut dan penulisnya J.K Rowling karena cerita yang disampaikan sangat seru dan menyenangkan untuk dibaca. Hal tersebut sama di dalam penulisan artikel. Gaya tulisan anda akan mempengaruhi pembaca anda, sehingga penulis sangat disarankan untuk sering berlatih hingga pada titik ia menemukan jati dirinya dalam dunia tulis-menulis. Pembaca pun tanpa dicari akan datang sendiri untuk membaca tulisan kita.

4. Perhatikan penulisan berdasarkan EYD
Artikel yang baik tentunya harus sesuai dengan ejaan kata penulisan yang benar. Kesalahan umum seperti ini sering kali dihadapi oleh penulis. Oleh karena itu alangkah baiknya si penulis memperluas kosa kata mereka. bisa lewat KBBI online maupun membaca berbagai artikel yang berbeda. Selain itu, hindari kalimat yang tidak baku, tetapi hal ini tergantung tema artikel yang dibuat. Apabila ada kata atau kalimat yang unik atau asing, diberi gaya italic atau tanda (*) untuk memberikan penjelasan lebih lanjut.

Karena artikel bisa memuat tulisan informatif dan hal tersebut merupakan hal yang baru bagi pembaca. Contohnya “masyarakat Purwokerto sangat menyukai makan tempe mendoan*. *mendo dalam bahasa banyumas artinya lembek” kurang lebihnya seperti itu.

5. Menyisipkan tautan internal yang tepat
Setelah artikel memenuhi 4 poin diatas, maka langkah selanjutnya adalah mem-posting sesuai atura SEO. Apa itu SEO? Search Engine Optimization atau optimisasi mesin pencari adalah optimalisasi kata kunci dalam artikel yang dibuat sehingga mesin pencari dengan mudah menemukan sebuah artikel. Sehingga penulis artikel terutama untuk platform website maupun blogspot perlu mengetahui sistematika penulisan SEO.

Itulah 5 hal yang perlu kamu perhatikan dalam menulis sebuah artikel. Apabila artikel mu memenuhi 5 poin diatas, tentunya mesin pencari dan pembaca dapat menilai sendiri artikel yang kamu buat berkualitas atau tidak. Ada cara lain untuk kamu yang menjalani bisnis online, kamu bisa menggunakan jasa penulisan artikel. Menggunakan jasa tersebut membantu kamu untuk menghemat waktu dan merawat website milikmu agar tetap hidup dan kaya akan konten informasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Tips Ini Bisa Bantu Kamu Bikin Artikel yang Bagus

5 Cara Agar Mahir Menulis Artikel